11 Cara Diet Setelah Melahirkan Dijamin Sehat dan Aman

Friday, February 9th, 2018 - Kehamilan

Cara Diet Setelah Melahirkan – Salah satu masalah yang banyak diderita ibu-ibu setelah melahirkan adalah bobot berlebih. Hal ini sangat wajar terjadi karena sebelumnya Anda makan dengan porsi dua orang, untuk diri sendiri dan juga buah hati. Banyak ibu dilema memutuskan untuk diet ataupun tiddak setelah melahirkan.

Pasalnya, nanti Anda tidak hanya memenuhi kebutuhan diri sendiri saja melainkan juga harus menyusui. Nah, untuk itu bagaimana ya cara diet setelah melahirkan dengan aman dan kebutuhan ASI masih terkontrol? Yuk intip beberapa cara diet setelah melahirnya seperti berikut ini.

Tips Diet Setelah Melahirkan Secara Instan dan Sehat

1. Olahraga Teratur

Cara Diet Setelah Melahirkan Dijamin Sehat dan AmanCara diet setelah melahirkan yang paling ampuh dilakukan oleh ibu adalah olahraga teratur.
Diet setelah melahirkan dapat memberikan hasil yang maksimal apabila dibarengi dengan latihan fisik secara teratur. Olahraga teratur disela kesibukan mengurs anak, bisa dilakukan ibu dengan melakukan squat dan interval.

Olahraga teratur sangat mudah dilakukan, jangan takut karena repot menjaga si kecil. Olahraga teratur pun bisa dilakukan bersama si kecil. Misalnya mengajak si kecil jalan-jalan sambil menggendongnya, lalu jalan dengan kecepatan sedang. Lakukan cara diet setelah melahirkan ini setidaknya tiga kali seminggu selama 30-50 menit.

3. Memperbanyak konsumsi air putih

Cara Diet Setelah Melahirkan Dijamin Sehat dan AmanMemperbanyak konsumsi air putih merupakan salah satu cara diet setelah melahirkan yang bisa dicoba oleh ibu. Seperti yang diketahui bahwasanya air putih memiliki banyak fungsi bagi tubuh. Salah satu fungsi yang paling penting yaitu sebagai pembersih semua organ di dalam tubuh, terutama peredaran darah dan saluran pencernaan.

Jika ditanya mengapa mengkonsumsi air putih bisa menjadi salah satu cara diet setelah melahirkan, maka jawabanynya adalah mengkonsumsi banyak air putih juga dapat membantu menahan rasa lapar. Mengkonsumsi air putih juga dapat mencairkan konsentrasi sodium di dalam tubuh.

4. Memakai korset

Cara Diet Setelah Melahirkan Dijamin Sehat dan AmanTahukan anda apa itu korset ? Pada dasarnya korset adalah kain pengikat. Kain ini akan diikatkan pada bagian perut ibu yang baru saja melahirkan. Pemakaian korset adalah teknik tradisional yang biasa dilakukan oleh para ibu untuk mengecilkan perut. Karena korset dapat mengecilkan perut, maka korset menjadi salah satu cara diet setelah melahirkan.

Cara diet setelah melahirkan dengan memakai korset juga sangat dianjurkan supaya setelah melahirkan perut tidak kendor atau tkembali kencang. Pemakaian korset juga berfungsi sebagai pengurang pembengkakan serta mendorong otot dan jaringan pada perut agar kembali seperti semula. Cara diet setelah melahirkan ini biasanya akan dilakukan selama kurang lebih 3 bulan.

5. Melatih otot perut
Cara Diet Setelah Melahirkan Dijamin Sehat dan AmanMelatih otot perut adalah salah satu aktivitas yang bisa dilakukan secara rutin sebagai cara diet setelah melahirkan. Latihan otot perut bisa dilakukan dengan posisi duduk,berdiri dan berbaring.. Cara melatih otot perut yaitu dengan melakukan tarikan pada perut ibu, Hal tersebut dilakukan dengan cara mengkontraksikan otot-otot perut dan menahan posisi tersebut dalam kurun waktu beberapa menit.

Cara diet setelah melahirkan ini sangat mudah dilakukan, bukan hanya dari metode nya saja yang gampang, tempat melatih otot perutpun bisa di lakukan di dalam rumah maupun diluar rumah sesuai dengan keinginan si ibu.

6. Menghindari konsumsi jamu atau ramuan herbal

Cara Diet Setelah Melahirkan Dijamin Sehat dan AmanMemang konsumsi jamu atau ramuan herbal dapat menyegarkan tubuh. Mengkonsumsi jamu juga bisa digunakan sebagai cara diet setelah melahirkan. Akan tetapi, hal ini tidak baik untuk kesehatan si kecil yang anda lahirkan.
Ramuan dan jamu tidak akan baik pada si kecil karena akan mempengaruhi ASI sang ibu secara langsung. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan dan kesehatannya. Maka dari itu hindarilah cara diet setelah melahirkan dengan mengkonsumsi jamu atau ramuan herbal.

7. Jangan biasakan tidur setelah makan

Cara Diet Setelah Melahirkan Dijamin Sehat dan AmanTidur setelah makan adalah salah satu penyebab penggemukakan badan. Untuk itu jika sang ibu bernaiat untuk menurunkan berap badan, maka cara ditelah melahirkan dengan cara ini harus dijauhi. Menghindari kebiasaan ini sangat diperlukan apabila ibu ingin mengecilkan perut dalam kondisi setelah melahirkan. Kebiasaan tidur setelah makan juga tidak menyehatkan bagi tubuh.

Hal ini disebabkan karena bahan-bahan makanan yang harusnya langsung dicerna oleh tubuh akan tertunda di saat tidur. Maka akan terjadi penumpukan seperti lemak dan kalori yang membuat lipatan-lipatan di tubuh serta membuncitkan perut dan membuat badan semakin melebar.

8. Jangan Diet

Cara Diet Setelah Melahirkan Dijamin Sehat dan AmanMungkin terdengar aneh, namun inilah yang perlu untuk Anda lakukan agar gizi bagi tubuh dan buah hati yang masih dalam bayi terkontrol dengan baik. Meskipun disarankan untuk tidak diet bukan berarti Anda makan dalam jumlah yang semau-maunya, tetap kontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh agar tidak berlebihan.

Saat seseorang menyusui, Anda bisa membakar lemak di dalam tubuh sebanyak 600-800 kalori setiap harinya. Meskipun Anda duduk santai atau dengan tiduran, kalori akan terbakar. Dan kabar baiknya tanpa berolahraga ataupun obat-obatan Anda akan bisa menurunkan berat badan secara mudah dengan menyusui.

9. Perbanyak Super Foods
Cara Diet Setelah Melahirkan Dijamin Sehat dan AmanCara diet setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan mengosumsi banyak makanan mengandung nutrisi dan kandungan baik. Sebagai seorang ibu yang baru saja melahirkan, tubuh sangat membutuhkan suplai vitamin dan gizi baik yang sangat banyak. Pilihlah makanan yang memiliki nutrisi yang tinggi, kaya serat namun tidak terlalu banyak lemak jahat dan juga kalori. Sebut saja makanan seperti ikan, kacang-kacangan akan bisa mencukupi kebutuhan tubuh akan gizi baik. Contoh ikan yang bisa dikonsumsi antara lain tuna, salmon, ataupun juga sarden.

10. Gunakan untuk Beraktivitas

Untuk Anda yang sekiranya sudah pulih setelah persalinan ada baiknya untuk melakukan olahraga ringan. Seperti halnya berjalan kaki di dalam rumah. Berjalan kaki ini sangat baik untuk mengurangi pembengkakan di kaki pasca melahirkan. Tidak hanya itu saja, dengan begini tubuh jadi tidak kaku lagi, otot-otot jadi lemas dan siap digunakan untuk banyak aktivitas nantinya. Namun sebelum melakukan ini pastikan tidak menimbulkan pendarahan.

11. Perbanyak Istirahat
Berdasarkan pada Sheah Rarback, M.S., R.D., yang merupakan seorang pakar nutrisi dari Mailman Center for Childhood di Universitas Kesehatan di Miami, memenuhi kebutuhan tidur cukup terbukti bisa menurunkan berat badan. Karena tidak bisa dipungkiri juga, saat tidur Anda akan terhindar dari berbagai  macam makanan dengan kalori tinggi. Selain itu dengan tidur cukup Anda tidak akan merasakan kelaparan yang sangat dan tubuh bisa digunakan untuk olahraga atupun beraktivitas.

Semoga cara diet setelah melahirkan di atas bisa membantu Anda yang saat ini sedang berjuang menurunkan berat badan. Selamat mencoba.

11 Cara Diet Setelah Melahirkan Dijamin Sehat dan Aman | Anita Andinina | 4.5