Cara Memilih Nama Bayi Yang Baik dan Bagus

Friday, March 9th, 2018 - Tips

Cara Memilih Nama Bayi – Nama merupakan sebuah identitas yang dibawa sepanjang masa. Untuk itu, menyiapkan nama untuk sang buah hati yang baru lahir sangat perlu dipikirkan dan dipertimbangkan. Nama yang baik bukan hanya dilihat dari makna dan keindahan saja, namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan.Adapun cara memilih nama bayi yang baik dan benar adalah sebagai berikut.

1. Unik dan Asli (original)

Cara memilih nama bayi yang bisa digunakan oleh para orang tua yaitu dengan mencari nama yang unik dan asli atau original. Yang dimaksud dari unik disini adalah orang tua bisa membuat nama dengan kreasi pribadi yang cukup bermakna atau nama yang sudah ditentukan dari bawaan turun menurun.

Cara memilih nama bayi juga harus asli (original) maksudnya adalah orang tua tidak boleh langsung mengcopy/menjiplak nama orang lain tanpa alasan. Meskipun begitu, masih banyak orang tua yang memilih nama nama bayi dengan carakonvensional, seperti nama yang diambil dari kebudayaan atau keyakinan.

2. Memiliki Makna atau arti

Cara Memilih Nama Bayi Yang Baik dan Bagus

Orang tua harus menggunakan cara memilih nama bayi yang satu ini yaitu memiliki makna dan arti. Seperti yang diketahui bersama bahwasanya pemberian nama untuk anak adalah sebuah Do’a, untuk itu dianjurkan untuk orang tua bahwa dalam meberikan nama buat anak harus mengandung makna atau arti yang jelas supaya makna tersebut bisa menjadi doa untuk kehidupan anak tersebut.

Cara memilih nama bayi kebanyakan diambil dari nama nama sesuatu seperti nama anak dari suku tapanuli. sebaiknya cara memilih nama bayi yaitu mempunyai makna yang bagus dan jika bisa dambil dari al-qur’an.Jika meneukan nama bayi yang cantik akn tetapi maknanya kurang bagus sebaiknya cari nama lain yang mempunyai makna yang bagus.

3. Nama yang mudah untuk dieja

Cara memilih nama bayi selanjutnya yang bisa digunakan orang tua adalah dengan memperhatikan ejaan katanya. Untuk para orang tuasangat disarankan untuk memberikan nama yang mudah untuk dieja. Hal tersebut tentunya untuk membuat anak tidak kesulitan dipanggil orang lain.

Carikanlah nama bayi yang mudah ejaanya, jika anda menemukan nama yang unik tapi sulit untuk dieja, hal tersebut mungkin dapat menjadi kesulitan si anak ketika masuk sekolah nanti. Sebagai contoh jika anda menggunakan ejaan kata yang susah, maka akan membuat kesusahan tulisan pada ijazah anak anda. Cara memilih nama bayi yang baik dalah dengan menghindari pemberian ejaan yang susah.

3. Nantinya tidak membuat anak tertekan

Maksud dari “Nantinya tidak membuat anak tertekan” adalah tidak memberikan beban nama untuk si anak ketika ia sudah dewasa. Setiap orang tua pasti mempunyai harapan doa disetiap untain kata dalam sebuah nama. Akan tetapi orang tua juga harus memperhatikan, kelak waktu anaknya tumbuh dewasa nama tersebut harus bisa diterima oleh banyak orang.

Nah sekarang jamanya sudah modern dan nama nama zaman klasik sudah mulai hilang. sebaiknya cara memilih nama bayi harus mengikuti zaman agar pada waktu besar nanti anak tidak merasa tertekan dengan namanya sendiri.

5. Menyisipkan Nama kehormatan

Cara memilih nama bayi yang akan dibahas adalah menyisipkan nama kehormatan. Jika orang tua ingin menyisipkan nama leluhur ( kehormatan) pada anak, ini kebanyakan sebagai penghormatan atau agar tetap dikenang sepanjang masa, banyak orang tua yang menyisipkan nama leluhurnya pada nama belakng anaknya.

Cara memilih nama bayi dengan menyisipkan nama kehormatan bisa digunakan orang tua. Mengapa demikian? Karena penyisipan nama keluarga memang sudah banyak digunaka oleh masyarakat luar dan diterima. seperti contohnya sang ayah menaruh 1 kata namanya dan disispkan kedalam nama belakang anak.

Nah, itulah tips-tips bagaimana cara memilih nama bayi yang bisa orang tua gunakan sebagai nama untuk buah hati tercinta. Terima kasih dan semoga tulisan diatas bisa bermanfaat. Sekian.

Cara Memilih Nama Bayi Yang Baik dan Bagus | Anita Andinina | 4.5
Leave a Reply