22 Cara Menambah Berat Badan Janin Tersehat

Saturday, May 12th, 2018 - Kehamilan

Cara Menambah Berat Badan Janin – Bunda sedang hamil? Wah, pastinya Anda senang sekali dengan sosok makhluk kecil yang kini sudah mulai bergerak-gerak dalam kandungan, ya. Nah, sudahkah Anda menimbang berapa berat badan janin tersebut?

Pastikan Bunda mengetahui bahwa berat janin dalam kandungan tidak masuk dalam kategori rendah. Sebab, berat janin yang rendah sangat rentan dengan incaran berbagai penyakit pada sang buah hati nantinya. Jadi, penting bagi para bunda sekalian untuk selalu memantau berat badan janin semasa kehamilan, apakah itu berlebih ataupun kurang. Sehingga nantinya kesehatan janin akan tetap selalu terjaga dengan baik serta mencegah dari segala kemungkinan yang tidak diinginkan ketika masa persalinan.

Berikut ini beberapa faktor penyebab kekurangan berat badan pada janin yang perlu Anda ketahui.

1. Kekurangan Asupan Gizi
Jika para ibu hamil tidak memperoleh asupan gizi yang cukup dan memadai, maka bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada janin kandungan.

2. Umur Ibu Hamil
Wanita yang terlalu muda biasanya lebih berisiko mempunyai janin dengan berat abnormal (tidak ideal), dibandingkan dengan ibu hamil yang berusia di atas 20 tahun. Hal tersebut diakibatkan oleh sistem transfer plasenta pada ibu hamil remaja yang masih kurang efisien dari pada wanita dewasa.

Nah, maka dari itu kabaribu.com ingin memberikan tips apa saja yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan bobot bayi dalam kandungan? Yuk, simak ulasan cara menambah berat badan janin berikut ini:

Tips Sehat dan Mudah Untuk Menambah Berat Badan Janin (Bayi)

1. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Cara Menambah Berat Badan Janin Tersehat

Cara menambah berat janin bayi pertama adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah sangat penting untuk menaikkan berat badan janin hingga mencapai ideal. Sebab, sayur dan buah mengandung berbagai nutrisi penting yang membantu pertumbuhan berbagai sel, jaringan, hingga organ buah hati. (Baca: Beragam Makanan Sehat Ibu Hamil Wajib Dikonsumsi)

2. Konsumsi Ikan LautCara Menambah Berat Badan Janin Tersehat

Cara menambah berat janin dalam kandungan yang kedua adalah dengan mengonsumsi ikan laut, misalnya dengan rutin mengonsumsi ikan tenggiri, salmon, ataupun tuna selama masa kehamilan juga sangat dianjurkan. Sebab, kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya sangat tinggi dan dapat membantu menaikkan berat badan janin. Selain itu, omega 3 juga sangat bagus dalam membantu perkembangan otak bayi sehingga kelak buah hati dapat tumbuh sehat dan cerdas.

3. Hindari Minuman Bersoda

Cara Menambah Berat Badan Janin Tersehat

Cara menambah berat janin yang selanjutnya adalah dengan menghindarilah konsumsi munuman bersoda karena mampu memperburuk kondisi janin dalam kandungan. Selain itu, minuman bersoda umumnya juga menggunakan campuran bahan kimia maupun gula tambahan yang tak baik bagi kesehatan Anda dan calon buah hati.

4. Konsumsi Vitamin Pra KehamilanCara Menambah Berat Badan Janin Tersehat

Cara cepat menambah berat janin kandungan berikutnya adalah dengan konsumsi vitamin pra kehamilan. Saat menjalani masa-masa kehamilan, penting bagi Anda untuk rutin mengecek kesehatan diri dan buah hati dengan berkunjung ke dokter spesialis kandungan. Umumnya, dokter akan memberikan Anda asupan vitamin tambahan. Vitamin ini berguna untuk mendukung kesehatan kehamilan serta meningkatkan bobot janin mencapai ideal.

5. Istirahat Yang Cukup

22 Cara Menambah Berat Badan Janin Tersehat

Cara menambah berat badan janin juga bisa dilakukan melalui pengaturan gaya hidup yang sehat. Selama masa kehamilan, usahakan agar Anda tak terlalu capek, ya. Sebab, tubuh yang kelelahan akan kekurangan energi sehingga membongkar berbagai pasokan kalori dalam tubuh. Alhasil, kalori tersebut justru tidak bisa disalurkan dengan baik pada buah hati. Dalam sehari, lakukan tidur siang paling tidak selama dua jam.

6. Olahraga22 Cara Menambah Berat Badan Janin Tersehat

Cara menambah berat janin bayi yang mudah dan ringan berikutnya adalah dengan Olahraga. Olahraga saat hamil? Kenapa tidak! Justru ini adalah cara efektif untuk menjaga kesehatan Anda dan buah hati. Olahraga seperti renang maupun jalan-jalan bisa jadi alternatif menarik untuk meningkatkan berat badan janin dalam kandungan. Sebab, janin bisa ikut aktif bergerak dan mengoptimalkan penyerapan kadar nutrisi secara lebih optimal. (Baca juga: 7 Manfaat Senam Ibu Hamil Secara Teratur)

7. Asupan Protein Yang MemadaiCara Menambah Berat Badan Janin Alami

Cara menambah berat janin bayi selanjutnya adalah dengan menambah konsumsi asupan protein yang memadai. Yap, anda harus ingat bahwa menambah berat badan janin yang paling penting, yaitu penuhi kebutuhan protein harian selama masa kehamilan bunda sekalian. Anda bisa memperoleh protein dengan mengkonsumsi daging ayam ataupun sapi secara kontinu.

8. Perbanyak Minum AirCara Tambah Berat Badan Janin

Cara menambah berat badan janin yang kedelapan adalah dengan memperbanyak konsumsi minum air pputih. Perlu diingat bahwa kebutuhan air harus dipenuhi oleh para ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungannya. Jangan lupa untuk tetap melakukan olahraga ringan untuk memudahkan ketika persalinan, juga untuk mengontrol berat badan janin semasa kehamilan.

9. Perbanyak Makanan Yang Padat Energi

Cara Menambah Berat Badan Janin

Cara sehat menambah berat badan janin bayi adalah dengan memperbanyak makanan yang padat akan energi. Ibu hamil membutuhkan kalori tambahan yang dapat diperoleh dari margarin, selai buah, keju, dan lainnya. Makanan sehat seperti inilah yang mampu menambah berat badan bayi ketika semasa kandungan.


10. Sediakan Cemilan SehatCara Tambah Berat Badan Janin Secara Alami

Selanjutnya masih di cara menambah berat badan janin adalah dengan memilih dan memilah saat mengkonsumsi cemilan sehat untuk ibu hamil. Bunda wajib memilih cemilan sehat yang tidak mengandung kolesterol ataupun lemak yang berlebih. Camilan ini tentu akan membantu Anda dalam mendapatkan lebih banyak kalori, sehingga nantinya janin mempunyai berat badan ideal dalam kandungan. Baca disini: Daftar Cemilan Sehat Ibu Hamil Terbaik

11. Konsumsi Makanan yang Manis

Inilah 10 Manfaat Semangka Bagi Ibu Hamil

Cara tamabah berat badan janin selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan manis yang memang dianjurkan untuk bumil. Hal ini sangat dianjurkan bagi janin bayi yang dalam kondisi kurang berat badannya dari berat badan normal bayi pada umumnya. Dengan makanan yang manis-manis tentu bakal membantu menaikkan berat badan janin sehingga bisa menjadikannya normal.

Maka untuk itu, konsumsilah makanan-makanan yang manis setiap hari supaya perkembangan janin bayi menjdi cepat. Bunda sendiri bisa memkonsumsi makanan, minuman, ataupun cemilan sehat yang memiliki rasa manis, dan yang terpenting makanan tersebut tidak mengandung soda. Misalnya brownis cokelat, kue, serta makanan manis-manis lainnya.

12. Jauhi Stres

22 Cara Menambah Berat Badan Janin Tersehat

Jauhi stress termasuk salah satu tips menambah berat badan janin bayi untuk ibu hamil. Perlu bunda sekalian ketahui bahwa stresnya ibu hamil bisa menyebabkan selera makan menjadi hilang ataupun berkurang. Nah, bila hal yang demikian ini terjadi, maka asupan gizi untuk cabang janin pastinya berkurang. Dengan asupan gizi berkurang pada janin, maka bisa mengakibatkan berat badan janin berkurang.

Jadi untuk itu, guna memperlancar proses penambahan berat badan janin. Dihimbau untuk ibunda sekalian agar menghindari problem-problem yang membuat stress, baik stress ringan ataupun stress berat.

13. Terapkan Gaya Hidup Sehat dan Alami

cara tambah berat badan janin secara cepat

Gaya hidup sehat merupakan salah satu cara ampuh menambah berat badan janin yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Gaya hidup sehat bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makanan-makanan bergizi, olahraga yang rajin, istirahat teratur, serta menjauhi konsumsi rokok, alkohol kafein, atauppun menggunakan obat-obatan tanpa resep khusus dari dokter.

Perlu bunda ketahui bahwa kafein, minuman berlakohol, rokok, serta obat-obatan lainnya tanpa resep dokter bisa mengganggu kesehatan janin bayi yang ada dalam kandungan. Sehingga tak mengherankan bila berat badan bayi juga bisa berkurang dan menimbulkan resiko lahir prematur dan gangguna lainnya, bahkan resiko besarnya adalah terjadinya keguguran. Maka untuk itu, hindarilah mengkonsumsi hal demikian tersebut guna demi keselamatan Anda dan janin Anda sendiri.

14. Mengkonsumsi Susu Khusus Ibu Hamil

Cara menambah berat badan janin

Mengkonsumsi susu khusus ibu hamil juga termasuk cara nambah berat badan janin berikutnya yang juga sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Saat ini telah banyak sekali tersedia susu khusus untuk ibu hamil yang beredar di pasaran, sehingga Anda bisa memilih susu bayi yang cocok untuk Anda.

Disarankan untuk meminum susu bayi secara rutin 3 kali sehari yaitu pagi, siang, dan malam ketika jelang tidur. Dengan mengkonsumsi susu khusus ibu hamil ini bisa menaikkan berat badan bayi yang kurang normal dan membantu percepat proses penambahan berat badan janin.

15. Jauhi Makanan Pedas

Cara Menambah Berat Badan Janin Alami

Jauhi makanan pedas adalah tergolong tips aman menambah berat badan janin yang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sekalian. Hal demikian ini disebabkan, karena makanan pedas bisa berakibat mendorong pelepasan hormon prostglandin dalam kandungan ibu hamil. Nah, jika hormon tersebut dilepaskan dalam kadar yang cukupp banyak, maka bisa menyebabkan otot-otot halus ibu hamil mengalami kontraksi yang menyebabkan ibu hamil mengira bahwa akan segera melahirkan.

Maka untuk itu, ibu hamil disarankan untuk menghindari makanan-makanan pedas. Selain itu, jika Anda menghidari maknan pedas tersebut, tentunya si bayi dalam kandungan tidak akan menyerap makanan pedas yang dikonsumsi oleh Anda dan dijamin janin bayi aman di dalam rahim.

16. Cemilan Sehat

5 Cemilan Sehat Ibu Hamil Perlu Bunda Coba!Bagi Bunda yang sedang hamil namun kondisi berat badan janin kurang, maka Bunda bisa mengganti cemilan sehari-hari dengan cemilan sehat. Saat ini telah banyak dikembangkan produk-produk organik yang manfaatnya akan sangat bisa dirasakan tubuh perbedaannya dibandingkan mengkonsumsi makanan yang mengandung kimia. Mengkonsumsi cemilan sehat dapan menjadi salah satu cara menambah berat badan bayi dalam kandungan. Cemilan yang sehat akan terbebas dari kandungan lemak jahat juga kolesterol.

Semisal Bunda suka mengkonsumsi spageti, maka saus cream yang biasa menggunakan saus bolognise dengan kandungan kimia tinggi, dapat Bunda ganti dengan saus organik yang tanpa pewarna, perasa buatan, Monosodium Glutamat (MSG), non-GMO, tanpa pengawet, gluten free. Semua cemilan sehat ini bisa didapatkan di Olshop-olshop yang menjual makanan organik, seperti yang terkenal di Indonesia yakni Nourish Indonesia. Banyak cemilan sehat seperti produk The Daily Crunchy yang kandungannya organik sehingga sangat bagus untuk pertumbuhan janin dalam perut.

17. Hindari Minuman Bersoda

Makanan Dilarang Saat Hamil MudaNah, bagi Bunda yang ingin memiliki calon bayi yang sehat, maka menghindari minuman bersoda adalah cara yang tepat. Minuman bersoda memiliki kandungan kimia yang tinggi sehingga dapat berbahaya bagi janin. Efeknya bisa membuat berat badan janin turun. Dengan menghindari minuman bersoda akan menjadi cara menambah berat badan bayi dalam perut secara tidak langsung. Asupan gizi dan nutrisi pada janin akan terserap lebih optimal sehingga tumbuhkembangnya dapat terjaga dengan baik.

Minuman bersoda akan memicu janin kekurangan berat badan sehingga dapat mengakibatkan bayi terlahir prematur. Jadi hentikan mengkonsumsi minuman bersoda selama kehamilan, agar calon bayi Bunda sehat dan tumbuh kembangnya bagus.

18. Keseimbangan Karbohidrat

Cara Melancarkan ASI Secara Alami dan CepatBanyak Ibu Hamil yang memilih tidak mengkonsumsi karbohidrat seperti nasi karena khawatir badannya menjadi gemuk tidak terkontrol. Padahal Karbohidrat adalah kebutuhan bagi janin untuk meningkatakan berat badannya. Tidak hanya nasi, karbohidrat bisa didapatkan dari oat, beras merah, nasi jagung, umbi-umbian. Bunda bisa mengontrol banyaknya asupan karbohidrat dalam tubuh melalui aplikasi penghitungan kalori, tentu yang dimaksud disini adalah kalori yang dibutuhkan untuk ibu hamil.

Jadi, mengkonsumsi karbohidrat yang cukup merupakan cara menambah berat badan bayi dalam kandungan. Tidak perlu khawatir badan menjadi gemuk asalkan pengkonsumsiannya dalam batas wajar serta tidak berlebihan. Memilih jam khusus untuk makan akan menjadikan nutrisinya terserap baik bagi janin tanpa harus membuat Bunda gemuk selama kehamilan.

19. Mengkonsumsi Lemak Sehat

4 Manfaat Cokelat Untuk Ibu Hamil Tapi Jarang DiketahuiNah, mendengar kata ‘lemak’ bisa menjadi horor bagi Ibu hamil yang sangat menjaga penampilan. Padahal lemak terdiri dari beberapa jenis. Ada jenis yang merusak, namun ada jenis yang bahkan menunjang kesehatan.
Selama kehamilan, Bunda membutuhkan asupan konsumsi lemak sehat. Apa itu? Yaitu berupa lemak tak jenuh yang diperlukan untuk pertumbuhan janin.

Cara menambah berat badan bayi salah satunya yaitu memilih makanan yang mengadung lemak sehat. American Congress of Obstetricians and Gynecologyst menganjurkan untuk mengkonsumsi lemak sehat 2 hingga 3 porsi setiap harinya. Lemak sehat misalnya seperti yang terkandung dalam alpukat dan kacang-kacangan.

20. Memilih Gula Alami
5 Khasiat Minyak Kelapa Bagi Ibu Hamil Yang Jarang DiketahuiBunda dapat memngetahui cara menambah berat badan bayi yaitu dengan mengkonsumsi makanan manis yang mengandung gula. Namun kendati demikian, Bunda perlu memilih jenis gula alami yang baik bagi pertumbuhan serta perkembangan janin.

Dengan mengkonsumsi kue atau permen tidak akan memberikan nutrisi yang signifikan bagi janin. Bunda perlu menambahkan setidaknya 100 kalori gula alami setiap harinya untuk menambah berat badan janin namun tidak memberikan efek gemuk bagi Bunda sendiri. Gula alami misalnya madu dan sirup jagung.

21. Asupan Zat Besi yang Cukup
Makanan Sehat Ibu Hamil Wajib TahuIbu hamil akan membutuhkan asupan zat besi 50 persen lebih banyak dibandingkan biasanya. Zat besi sangat diperlukan khususnya di trimester dua dan trimester tiga. Ibu hamil yang kekurangan zat besi akan mudah lelah dan dapat meningkatkan resiko bayi terlahir dengan berat badan kurang.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang cukup akan menjadi cara menambah berat badan bayi selama kehamilan khususnya di trimester akhir mendekati hari kelahiran. Zat besi bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayuran hijau, dan daging non lemak.

22. Konsultasi Dengan Dokter Spesialis Kandungan

Cara Menambah Berat Badan Janin Alami

Cara tambah berat badan janin dalam kendungan yang terkhir adalah dengan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Jika janin Anda diketahui beratnya kurang (tidak ideal), maka dokter atauppun bidan akan memberikan multivitamin yang berguna guna menambah berat janin dalam kandungan.

Nah, ternyata cara menambah berat badan janin sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Jangan lupa pula untuk mengonsumsi air putih dan susu secara rutin agar tubuh terbebas dari nutrisi dan gizi dalam tubuh pun senantiasa terpenuhi.

22 Cara Menambah Berat Badan Janin Tersehat | Anita Andinina | 4.5
Leave a Reply