Cara Menggendong Bayi Yang Benar dan Tepat

Monday, March 12th, 2018 - Tips

Cara Menggendong Bayi Yang Benar – Menggendong bayi merupakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh seorang ibu, kegiatan menggendong bayi merupakan salah satu upaya untuk mempererat ikatan antara ibu dan anak. Adapun cara menggendong bayi yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Menimang

Cara menggendong bayi yang pertama dan yang sangat cocok digunakan untuk menggendong bayi yang baru melahirkan adalah menimang. Menimang merupakan kegiatan yang sering dilakukan ibu pada saat baru melahirkan dengan menggunakan salah satu tangan dibawah leher dan kepalanya, sementara itu tangan lainnya berada di bagian bokong sang bayi.

Cara menggendong bayi dengan menimang adalah dengan mengangkat bayi dengan menyesuaikan posisi bayi hingga sang bayi merasa nyaman. Kepala dan leher yang benar seharusnya berada di lengan bagian dalam saat digendong. Gerakan ayunan secara pelan-pelan sangatlah dibutuhkan untuk cara menggendong bayi ini.

2. Menggendong Sambil Memeluk

Cara Menggendong Bayi Yang Benar dan TepatMenggendong sambil memeluk merupakan cara menggendong bayi selanjutnya yang sangat cocok digunakan untuk bayi yang baru saja selesai menyusui. Pada kegiatan menggendong sambil memeluk ini umumnya menggunakan salah satu tangan untuk mengankat kepala dan leher bayi, dan tangan yang lain digunakan untuk menyangga bokongnya.Posisi bayi pada Cara menggondong bayi ini adalah vertical sejajar dengan arah tubuh.

Karena posisinya yang vertical sejajar dengan tubuh sang ibu, maka sang bayi bisa merasakan detak jantung ibu. Hal tersebut tentu akan menciptakan kemestri yang mendalam bagi ibu dan sang bayi.

3. Menggendong dengan posisi tengkurap

Cara menggendong bayi yang satu ini sangat cocok digunakan oleh ibu pada saat bayi rewel. Cara menggendong bayi yang dimaksud adalah menggendong dengan posisi tengkurap. Sesuai dengan judulnya, posisi bayi pada saat digendong adalah tengkurap, sementara bagian kepala dan lehernya berada disalah satu lengan bagian dalm.
Pada saat kepala dan leher sang bayi berada di salah satu lengan bagian dalam, ujung telapak tangan menopang tubuh bayi dibagian bawah. Nah, untuk ibu pastikan bahwasanya wajah bayi tidak tertutup, karena bisa membuat bayi kesulitan bernafas. Cara menggendong bayi dengan jenis ini juga bisa dilakukan ibu dengan sambil menepuk punggung sang bayi.

4. Menggendong untuk menyusui

Menggendong untuk menyusui merupakan cara menggendong bayi selanjutnya yang akan dibahas. Yah, untuk para ibu biasa menggunakan cara menggendong bayi ini pada saat melakukan kegiatan menyusui. Kegiatan menggendong bayi ini,bisa dilakukan dengan duduk atau berdiri.

Cara menggendong bayi dengan jenis ini adalah dengan meletakkan tangan dibagian leher dan kepala sang bayi, kemudian tempatkanlah pada bagian dalam lengan. Pada kegiatan ini, ibu bisa menggunakan bantal atau penyangga lain. Tangan yang lain sebagai penompang bokong dan langkah akhir yaitu sang ibu mendekatkan bayi pada payudara untuk menyusu.

5. Hindari Mengguncang Bayi

Menghindari mengguncang bayi pada saat kegiatan menggendong merupakan cara menggendong bayi selanjutnya yang baik dan benar. Pada saat menggendong, disarankan untuk ibu agar tidak mengguncang sang bayi, mengapa demikian ? karena hal tersebut bisa berpengaruh terhadap peredaran otak yang berujung pada kematian.
Cara menggendong bayi yang benar bukan dengan mengguncangnya, melainkan dengan mengayunkannya secara hati-hati dan pelan-pelan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menggendong bayi dengan baik dan benr. Cara menggendong bayi hsrus diperhatikan oleh para ibu. semoga penjelasan diatas bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

Cara Menggendong Bayi Yang Benar dan Tepat | Anita Andinina | 4.5
Leave a Reply