5 Cara Puasa Bagi Ibu Hamil Perlu Diketahui

Friday, March 16th, 2018 - Kehamilan

Cara Puasa Bagi Ibu Hamil – Barpuasa merupakan menahan diri dari segala hal, mulai dari tidak makan, minum dan lain-lainnya. Berpuasa memang sudah tidak heran lagi dikerjakan oleh kebanyakan orang. Namun tahukah anda bahwa orang hamil juga harus berpuasa ? Mengapa demikian ? puasa yang dilakukan oleh ibu hamil biyasanya karena ingin menjaga janin yang ada didalam kandungan agar tidak melebihi berat normal. Nah, untuk mengetahui cara puasa bagi ibu hamil simaklah penjelasan dibawah ini.

1. Konsultasikan dengan dokter atau bidan

Cara puasa bagi ibu hamil yang pertama adalah dengan mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter atau bidan yang berada disekitar ibu hamil. Cara puasa bagi ibu hamil dengan berkonsultasi ke dokter ini, bisa memberikan pengetahuan dan kejelasan diet apa saja yang dibolehkan dan dilarang demi kesehatan janin yang ada dalam kandungan.

Tidak usah khawatir bagi seorang ibu hamil untuk berkonsultasi dengan dokter, karena cara puasa bagi ibu hamil ini akan menghasilkan kejelasan, jika hasil pemeriksaan riwayat kesehatan yang baik, maka ibu hamil bisa berpuasa namun sebaliknya jika kondisi badan ibu hamil tidak baik maka untuk puasa bisa ditunda terlebih dahulu.

2. Aktivitas yang terkontrol

5 Cara Puasa Bagi Ibu Hamil Perlu DiketahuiMemutuskan untuk berpuasa bagi ibu hamil yang sedang mengandung memang tidak mudah. Perubahan fisik yang dialami ibu hamil terkadang mengganggu apalagi pada trimester pertama awal kehamilan yang mengakibatkan mual-mual, pusing, dan gangguan lainnya. Untuk itu cara puasa bagi ibu hamil sangat perlu diperhatikan yaitu dengan mengontrol aktivitas sehingga tidak kelelahan.

Cara puasa bagi ibu hamil ini jika tidak terkontrol akan menyebabkan kondisi badan ibu hamil merasa lelah dan tertekan pada pekerjaan yang membebani ibu hamil, sehingga jika tidak diatasi akan memicu stress. Jika seorang ibu hamil mengalami stress, maka akan berbahaya pada pertumbuhan janin dalam kandungan. Untuk itu para ibu hamil dianjurkan untuk melakukan cara puasa bagi ibu hamil ini.

3. Memperhatikan gizi seimbang

Untuk para ibu yang sedang menjalankan kegiatan puasa pada saat mengandung memang diperbolehkan oleh para dokter, akan tetapi jangan lupa asupan nutrisi harus mencukupi kebutuhan janin dalam kandungan. Cara puasa bagi ibu hamil yang paling penting dan berkaitan dengan pertumbuhan bayi adalah dengan memperhatikan gizi seimbang.

Pada saat puasa, waktu untuk menambah nutrisi janin adalah ketika sahur dan berbuka puasa. Nah, untuk para ibu hamil jangan menyia-nyiakan kedua waktu tersebut. Ibu hamil dapat memilih asupan nutrisi dari jenis yang beraneka ragam setiap harinya yang bertujuan untuk mengurangi rasa bosan terhadap sayur dan buah. Semua jenis sayur dan buah aman dikonsumsi akan tetapi jangan berlebihan.

4. Cairan tubuh sangat penting

Cara puasa bagi ibu hamil selanjutnya adalah tetap menjaga cairan didalam tubuh. Cara berpuasa bagi ibu hamil yang satu ini sangat pening untuk tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan. Bukan hanya penting bagi ibu hamil tetapi janin yang dikandungan.

Sepanjang hari ibu hamil tidak mengkonsumsi makanan apapun sedangkan aktivitas sehari-hari tidak bisa dinggalkan begitu saja. Tak heran jika ibu hamil sering kali merasa tubuh lemas dan mudah ngantuk. Cairan tubuh dapat diperoleh dengan mengkonsumsi air mineral sebanyak 8 gelas setiap hari, hal tersebut bisa ibu hamil lakukan pada saat sahur dan berbuka puasa. Nah, untuk para ibu hamil perhatikan cara puasa bagi ibu hamil ini.

5. Olahraga tepat untuk ibu hamil

Cara puasa bagi ibu hamil selanjutnya yang harus diperhatikan adalah olahraga yang tepat untuk ibu hamil. Nah, untuk anada para ibu hamil yang sedang menjalankan puasa, anda jangan sampai meninggalkan rutinitas berolahraga anda setiap harinya. Akan tetapi tentu hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk ibu hamil.

Cara puasa bagi ibu hamil ini yaitu dianjurkan untuk ibu hamil agar bisa memilah-milah olaraga apa saja yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan agar tetap dalam keadaan sehat. Nah, yang perlu diperhatikan dari cara puasa bagi ibu hamil ini adalah para ibu harus bisa memilih waktu yang tepat untuk berolahraga, misalya pada sore hari ( sebelum berbuka puasa).

Nah, itulah penjelasan singkat tentang cara puasa ibu hamil yang bisa anda lakukan. Semoga penjelasan diatas bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda. Sekian dan semoga bermanfaat.

5 Cara Puasa Bagi Ibu Hamil Perlu Diketahui | Anita Andinina | 4.5
Leave a Reply