8 Doa Ibu Hamil Sesuai Al-Quran dan Sunnah

Thursday, May 10th, 2018 - Kehamilan

Doa Ibu Hamil – Jikalau diberi kesempatan untuk meminta, tentu setiap orang tua menginginkan anak yang sholih maupun sholihah. Itulah mengapa banyak calon orang tua yang sangat bersemangat untuk mengikuti seminar parenting guna mempersiapkan generasi penerus yang berakhlak mulia. Namun  tentu saja, iringan doa yang dibaca secara rutin baik ketika sedang hamil maupun usai melahirkan sangat perlu untuk dilakukan.

Oleh karena itu, sebagai agama yang sempurna, Islam menyajikan banyak sekali ayat di Al Qur’an yang bisa Anda baca untuk memohon keturunan yang shalih dan shalihah. Berikut diantara ini kami ingin memberikan beberapa amalan berupa doa khusus untuk ibu hamil yang bisa bisa membantu proses persalinan Anda. Simak doa-doa ibu hamil berikut ini.

Doa Ibu Hamil Sesuai Al-Quran dan Sunnah

Kumpulan Doa Ibu Hamil Wajib Diamalkan Sehari-hari

1. Doa Nabi Ibrahim ‘Alaihis Salaam

Doa Ibu Hamil

Artinya: “Ya Rabbku, angerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang shaleh” (Q.S. Ash Shafaat ayat 100).

Doa ibu hamil yang pertama ini memiliki manfaat untuk meminta keturunan yang sholeh. Dalam kitab Zaadul Masiir jilid 7 halaman 71, Ibnul Jauzi rahimahullah juga menjelaskan bahwa maksud ayat tersebut adalah “Ya Rabbku, anugerahkanlah padaku anak yang sholeh yang nanti termasuk jajaran orang orang yang sholeh”.

Jadi para bunda seklian, jangan pernah ragu untuk berdoa dengan amalan doa untuk ibu hamil ini. Karena doa ini adalah doa yang selalu diamalkan oleh Nabiyullah Ibrahim AS.

2. Doa Nabi Dzakariya ‘Alahis salaam

Selain itu, doa ibu hamil berikutnya yang juga bisa Anda baca pada saat mengandung antara lain adalah doa yang pernah diucapkan oleh Nabi Dzakariya ‘alahis salaam sebagai berikut:

Doa Ibu Hamil dari Nabi Dzakariya

Artinya: “Ya Rabb anugerahkanlah padaku dari sisi-Mu keturunan yang thoyyib yaitu anak yang sholeh. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa”.

Doa ibu hamil yang dilakukan oleh Nabi Dzakariya ini juga bermanfaat untuk meminta supaya anak kita kelak menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Jadi amalan ini sangat dianjurkan juga bagi bunda yang sedang hamil.

3. Doa dari Nabi Muhammad SAW.

Nabi kita shalallallahu’alaihi wa sallam juga pernah mendo’akan anak Ummu Sulaim, yaitu Anas bin Malik radiyallahu ‘anhuma dengan doa:

Doa Ibu Hamil dari Nabi Muhammad SAW

Artinya: “Ya Allah, perbanyaklah hartaku dan anakku, serta berkahilah apa yang engkau karuniakan padanya, perbagus budi pekertinya, serta ampunilah saya”. HR. Bukhari no 6334 dan Muslim no. 2480.

Doa ibu hamil berikutnya ini adalah doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW guna memberikan kekayaan dan keturunan. Jadi bagi bunda yang belum dikarunia anak hingga saat ini. Tidak ada salahnya bila mengamal amalan ibu hamil yang dianjurkan ini.

4. Doa Hamba Allah
Selain itu, Anda juga bisa berdoa menurut apa yang diajarkan Allah dalam surat Al Furqon ayat ke 74 seperti berikut ini:

Doa Ibu Hamil Dijamin Manjur

Artinya: Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepda kami, istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa”.

Doa ibu hamil yang satu ini juga sangat bagus untuk dibaca oleh para  suami yang mendoakan istrinya ketika masa kehamilan.

Selain berdo’a, tentu Anda harus ber-ikhtiar juga terlebih dahulu dengan menkonsumsi beragam obat alami ataupun medis guna sebagai wasilah dipercepatnya kehamilan, simak artikel tentang kehamilan berikut:

5. Do’a Ibu Hamil Sesuai Dengan Ayat-ayat Al-Qur’an

  • Do’a Ibu hamil dengan Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah merupakan salah satu surat Al-Qur’at yang diturunkan di Mekkah, terdiri dari 7 ayat. Surat ini juga termasuk doa ibu hamil sesuai ajuran Al-Qu’ran yang jika diamalkan oleh seorang ibu hamil, maka ia akan memiliki keutamaan sebagai penerang hati dan daya ingat yang kuat bagi bayinya.Dalam surat Al Fatihah ada ayat yang memiliki arti : “Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan” (Al-fatihah ayat ke 5). Nah, pada ayat ini jelas bahwa hanya Allah lah tempat untuk meminta pertolongan, maka apabila seorang ibu hamil ingin anaknya senantiasa ditolong oleh Allah, maka disarankan untuk mengamalkan surat Al Fatihah selama proses kehamilan.

  • Doa Ibu Hamil dengan Surat Maryam

Jika diambil pelajaran dari kisah Siti Maryam yang mengandung anak tanpa memiliki seorang suami dan tidak pernah melalukan hubungan suami istri, maka tentu tidaklah mudah untuk menjalaninya. Pada saat itu Siti Maryam yang mengasingkan diri dikarenakan dicerca oleh masyarakat karena memilih untuk meminta pertolongan hanya kepada Allah.Maryam meminta agar saat bersalin dia memperoleh kemudahan dan melahirkan anak yang soleh. Dengan izin Allah lah, maka lahirlah seorang Nabi tampan bernama Isa yang akhirnya menjadi nabi dan rasul. Kisah ini jelas sangat menginspirasi kita bahwa jika ingin memperoleh kemudahan ketika melahirkan dan mendapat anak yang sholeh hendaknya membaca surat Maryam pada masa-masa kehamilan. Karena doa ibu hamil yang satu ini cukup ampuh untuk proses promil

  • Doa Ibu Hamil dengan Surat Yusuf

Siapa yang tidak kenal dengan nabi tampan yang satu ini? Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa Nabi Yusuf merupakan seorang nabi yang paling tampan paras rupanya. Nabi Yusuf sampai dicelakai oleh kakak-kakaknya dikarenakan merasa iri dengan ketampanan dan kecerdasan yang diperolehnya dengan izin Allah.. Saat seorang ibu hamil tentu menginginkan semua yang baik-baik bagi bayinya termasuk paras yang cantik ataupun tampan. Allah memilih surat Yusuf untuk diamalkan oleh calon ibu agar memperoleh anak yang sesuai dengan keinginannya. Jadi para ibunda sekalian jangan pernah takut untuk mengamalkan doa untuk ibu hamil surat yusuf ini.

  • Doa Ibu Hamil dengan Surat Yasin

Jika seorang ibu menginginkan anaknya untuk memiliki ketenangan hati dan jauh dari godaan setan yang terkutuk, maka alangkah baiknya sering-sering membaca surat Yasin ketika masa kehamilan. Surat Yasin sebagai doa ibu hamil memiliki berbagai keutamaan yang salah satunya adalah menjauhkan seseorang dari godaan setan. Selain itu surat ini banyak pula diamalkan untuk kehidupan sehari-hari misalnya, saat masuk rumah baru, shotal hajat dan sebagai bacaan selepas sholat. Tak mengherankan banyak orang mengamalkan surat Yasin, karena memang fadhilahnya sangat banyak sekali.

6. Doa Memperoleh Keturunan Sholeh/Sholehah

Tentu semua orang tua menginginkan semua keturunannya tergolong orang-orang yang Sholeh juga Sholehah. Bacaan-bacaan yang baik akan terus dilantunkan untuk memberikan afirmasi positif kepada janin selama dalam kandungan. Berikut doa meminta memperoleh keturunan yang Sholeh/Sholehah yang terdapat dalam Al-Qur’an  Surat Ali Imran Ayat 35 dan 38.

Doa Ibu Hamil Ali Imran 35

I qoolatimro ‘atu ‘imroona robbi innii naartu laka maa fii bathnii muharroron fa taqobbal minnii, innaka antas-samii’ul-‘aliim

Artinya: “(ingatlah), ketika istri ‘Imran berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku bernazar kepada-Mu, apa (janin) yang dalam kandunganku (kelak) menjadi hamba yang mengabdi (kepada-Mu), maka terimalah (nazar itu) dariku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, maha Mengetahui.” (QS. Ali Imron:35)

Doa Ibu Hamil Ali Imran 38

hunaalika da’aa zakariyyaa robbah, qoola robbi hab lii mil ladungka urriyatan thoyyibah, innaka samii’ud-du’aaa’

Artinya: “Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata, “ Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Doa.”(QS. Ali Imron:38)

7. Doa Keselamatan dan Kecerdasan serta Dilancarkan dalam Kelahiran

Berikut doa yang sangat dianjurkan untuk diamalkan sehari-hari. Doa ini mengandung permohonanan akan keselamatan Ibu dan bayi, serta diberikan kecerdasan kepada sang calon buah hati. Doa ini juga mengandung permohonan diberikan kelancaran selama proses kelahiran.

Doa Ibu Hamil Sehari-hari

“Allahummah fadz waladii maadaama fii bathnii wasyfihi anta syaafii laa syifaa a illaa syifaa u ka syifaa an laa yughaadiru saqomaan. Allaahumma showwarhu hasanataw-wa tsabbits qolbahu iimaa nam-bika wa birosuulika. Allaahumma akhrijhu min bathnii waqtsa wilaadatii sahlaw-wa tasliimaan. Allaahummaj’alhu shohiihan kaamilaw-wa’aaqilan haaiqon ‘aaliman ‘aamilaan. Allaahumma thowwil ‘umrohu wa shohhah jasadahu wa hassin khuluquhu wafshoh lisaanahu wa ahsin showtahu liqiroo atil-qur aaaaani bibarokati muhammadin shollallaahu ‘alaihi wa sallama walhamdulillaahi robbil’aalamiin.”

Artinya: “Ya Allah, jagalah anakku selama dia berada dalam perut istriku, sehatkan dia, sesungguhnya Engkau Yang Maha menyehatkan, tidak ada kesehatan kecuali kesehatan dariMu, kesehatan yang tidak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk dia yang berada di dalam perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan padaMu pada RasulMu. Ya Allah keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan dia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca Al-Hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dan semoga diberkahi Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Sebelum membaca doa diatas, suami dianjurkan untuk membaca Al-Faatihah sebanyak 7 kali yang ditupkan di perut istri di waktu subuh.  Kemudian membaca Al-Hasyr sebanyak 7 kali ditiupkan di perut istri pada waktu ba’da magribh. Sangat dianjurkan untuk memperbanyak bacaan doa di atas.

8. Keutamaan Doa yang Terdapat dalam Al-Qur’an

Banyak sekali ayat-ayat Al-qur’an yang berisi permohonan atau doa untuk meminta keturunan yang baik, sholeh/sholehah, mendirikan sholat, serta dijauhkan dari pengaruh-pengaruh setan yang terkutuk. Beberapa ayat tersebut akan terangkum singkat dalam penggalan-penggalan ayat berikut ini.

  • Surat Yusuf Ayat 4

Doa Ibu Hamil Dari Nabi Yusuf

“I qoola yuusufu li’abiihi yaaa abati innii ro’aitu ada ‘asyaro kaukabaw wasy-syamsa wal-qomaro ro ‘aituhum lii saajidiin”

artinya: “(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan; ku lihat semuanya sujud kepadaku.”

Doa ini dianjurkan dibaca setiap selesai sholat. Mengandung makna meminta sesuatu yang berada di dalam perut diberikan banyak kelebihan terutama yang bermanfaat bagi masyarakat serta agama.

  • Surat Maryam Ayat 1-11

Keutamaan membaca surat ini setelah melaksanakan sholat. Bertujuan untuk meminta keturunan. Sangat dianjurkan dengan disertai meminum habbatus sauda guna mempersiapkan janin dalam kandungan.

Semoga dengan beberapa doa ibu hamil sesuai Al-Qur’an dan Sunnah (Hadits) tersebut Anda dikaruniai anak yang sholeh nan sholehah. Jangan lupa pula untuk memperbanyak membaca ayat Al Quranlainnya, berdzikir, dan tak lepas dari shalawat. Persiapkan anak yang sholeh dan sholehah dimulai dari perbanyak amalan sholeh, yuk!

8 Doa Ibu Hamil Sesuai Al-Quran dan Sunnah | Anita Andinina | 4.5
Leave a Reply