Inilah 5 Fungsi Air Ketuban Jarang Diketahui

Sunday, March 18th, 2018 - Kehamilan

Fungsi Air Ketuban – Tahukah anda kapan air ketuban terbentuk dan terisi cairan ? Air ketuban mulai terbentuk dan terisi setelah beberapa hari setelah terjadi pembuahan. Pada mulanya, air ketuban seperti air, namun setelah usia kehamilan 10 minggu, maka air ketuban akan ditambahi oleh urine, dimana urine disini berasal dari janin yang dikandung. Untuk anda yang ingin mengatahui fungsi air ketuban yang sangat penting untuk janin dalam kandungan adalah sebagai berikut.

1. Melindungi dari benturan

Inilah 5 Fungsi Air Ketuban Jarang DiketahuiFungsi air ketuban yang sangat penting untuk janin dalam kandungan adalah melindungi dari benturan. Untuk para ibu yang sedang mengandung tentunya harus sangat berhati-hati saat beraktifitas, hal tersebut tentunya merupakan hal yang harus diperhatikan diluar kandungan. Namun yang perlu diketahui bahwa sebenarnya janin yang ada dalam kandungan sudah terlindungi dengan adanya air ketuban.

Fungsi air ketuban ini sendiri akan menjaga kondisi janin dalam kandungan tetap aman yaitu dengan cara benyerap benturan atau tekanan dari luar. Selain itu, Fungsi air ketuban ini bisa mencegah adanya kehimpitan tali pusat, dimana yang telah diketahui bersama bahwasanya tali pusat sangat penting dalam menyediakan oksigen dan makanan.

2. Menyediakan nutrisi

Tahukah anda para ibu, janin mendapatkan nutrisi dari mana ? Pelu diketahui bahwasanya fungsi air ketuban yang tidak kalah penting adalah sebagai penyedia nutrisi untuk janin yang ada dalam kandungan. Nah, itulah mengapa janin yang ada didalam kandungan seorang ibu bisa bertahan hidup didalam kandungan.

Fungsi air ketuban yang satu ini sudah dilakukan percobaan oleh beberapa para ahli. Para ahli tersebut melakukan percobaan dengan menggunakan fetus kelinci.Dari percobaan tersebut diketahui bahwasanya air ketuban mampu menyediakan nutrisi sebanyak 10-14 persen pada janin kelinci yang ormal. Tidak hanya itu, kandungan dalam air ketuban janin kelinci juga dapat mendukung perkembangan saluran pencernaan. Kesimpulannya adalah bahwa dalam percobaan tersebut terbukti bahwasanya fungsi air ketuban adalah sebagai penyedia nutrisi.

3. Mendukung perkembangan otot dan tulang

Selanjutnya fungsi air ketuban adalah sebagai pendukung perkembangan otot dan tulang pada janin yang ada dalam kandungan. Nah, untuk para ibu perlu diketahui bahwa dalam kandungan janin tidak hanya diam, akan tetapi didalam kandungan janin mengapung dalam air ketuban dan melakukan banyak gerakan.

Sesuai dengan fungsi air ketuban yaitu sebagai pendukung perkembangan otot dan tulang, maka pada saat bayi mengapung didalam air ketuban dan melakukan banyak gerakan secara otomatis janin tersebut sedang melakukan proses/upaya pembentukan otot dan tulang.Tidak hanya pembentukan otot dan tulang, namun ketika otot dan tulangpun sudah terbentuk, airketuban ini membantu perkembangan otot dan tulang.

4. Mencegah infeksi

Fungsi air ketuban berikutnya yang juga tidak kalah pentingnya untuk janin dalam kandungan adalah mencegah infeksi. Seperti yang diketahui bersama bahwassanya infeksi sangat berbahaya untuk keberadaan janin dalam kandungan, jika janin dalam kandungan mengalami infeksi maka bisa berbahaya dan menyebabkan janin yang ada dalam kandungan tidak bisa diselamatkan.

Para ibu tentunya tidak usah khawatir akan masalah tersebut, karena air ketuban mengandung antibody yang akan membantu mencegah infeksi berbahaya pada janin. Namun, para ibu harus tetap hati-hati menjaga pola makan, karena hal tersebut bisa mempengaruhi janin dalam kandungan.

5. Mengendalikan suhu

Para ibu tentu juga harus mengatahui fungsi air ketuban yang satu ini, fungsi air ketuban ini sangat penting untuk pertumbuhan janin dalam kandungan.Fungsi air ketuban yang dimaksud yaitu mengendalikan suhu tubuh pada janin yang ada dalam kandungan.

Manfaat dari fungsi air ketuban ini adalah mampu menjaga kondisi rahim agar tetap hangat dan nyaman untuk janin selama berada dalam kandungan. Air ketuban juga akan mencegah adanya factor-faktor yang dapat membuat kondisi janin yang dalam kandungan mengalami kedingan maupun kepanasan.

Nah, itulah beberapa fungsi air ketuban yang harus diketahui oleh para ibu khususnya. Semoga penjelasan singkat diatas bisa menambah wawasan anda dan bisa meminimalisir kekhawatiran para ibu yang sedang mengandung. Terimakasih.

Inilah 5 Fungsi Air Ketuban Jarang Diketahui | Anita Andinina | 4.5