13 Jenis Mainan Edukatif Anak Usia 2 Tahun

Thursday, February 1st, 2018 - Mainan

Jenis Mainan Anak Usia 2 Tahun – Dunia anak-anak memang tak bisa lepas dari dunia bermain. Lewat aktivitas bermain itulah anak mengembangkan kemampuan motorik dan kognitifnya. Terlebih, di usia 2 tahun anak sedang mencapai masa emas untuk belajar hal baru di sekitarnya. Oleh karena itu, Anda perlu mendukung buah hati dengan memberikan mainan yang tepat untuk mereka.

Seperti apa sih contoh Jenis Mainan Anak Usia 2 Tahun itu, yuk simak berikut ini contoh-contoh jenis mainan yang cocok untuk si buah hati Anda.

Jenis Mainan Edukatif Untuk Anak Berusia 2 Tahun

1. Mainan Blok

Jenis Mainan Edukatif untuk Anak Usia 2 Tahun

Blok merypakan mainan anak usia 2 tahun yang bisa dilakukan anak untuk membuat rumah-rumahan atau sekadar menyusun nama. Melalui permainan inilah Anda bisa mengenalkan anak pada berbagai macam huruf dan angka. Selain itu, mainan yang bisa dirangkai dan dibangun tinggi ini juga dapat meningkatkan perkembangan otak buah hati.

Dengan mainan ini, si kecil akan belajar tangkas dalam menanggapi masalah, belajar cepat dan tepat dalam menemukan lokasi yang tepat, dan sebagainya. Jadi bunda tidak perlu ragu untuk memberikan jenis mainan anak yang satu ini.

2. Puzzle

Jenis Mainan Edukatif untuk Anak Usia 2 Tahun

Jenis mainan anak usia 2 tahun yang baik untuk diberikan berikutnya adalah puzzle. Permainan ini akan melatih kecerdasan anak untuk memecahkan teka-teki atau melakukan problem solving sejak usia dini.

Siapa sih yang tidak anaknya memiliki kecerdasan di atas rata-rata? Maka dari itu, kami sangat sarankan sekali untuk menggunakan jenis mainan anak usia 2 tahun yagn satu ini untuk diterapkan ke buah hati Anda.

3. Ronce

Jenis Mainan Edukatif untuk Anak Usia 2 Tahun

Ronce merupakan salah satu jenis permainan anda usia 2 tahun selanjutnya yang perlu bunda ajarkan dan terapkan pada si kecil. Karena basik dari permainan ini adalah mengajarkan anak untuk menyusun manik-manik ke dalam benang. Secara umum, mainan ini merangsang motorik halus dan melatih koordinasi mata dan tangan anak.

Perlu bunda ketahui bahwa mainan ini juga sering dibuat dengan bahan cat non toxic yang aman untuk anak-anak. Bagaimana apakah bunda teratarik?

4. Color Tower Bundar

Jenis Mainan Edukatif untuk Anak Usia 2 Tahun

Color Tower Bunda adalah jenis permainan anak yang mengajarkan si Kecil akan dunia warna juga bisa Anda lakukan dengan permainan color tower bundar. Permainan ini dapat mengenalkan warna pada anak-anak dan dapat melatih kemampuan klasifikasi warna secara lebih baik.

Dengan permainan anak ini, juga melatih anak untuk peka terhadap warna baik di lingkungan sekitar atau benda-benda yang ada didekatnya, serta menghindarka dari buta warna.

5. Kotak Angka

Jenis Mainan Edukatif untuk Anak Usia 2 Tahun

Kotak Angka adalah jenis permainan anak yang mengenalkan angka pada anak juga tidak harus selalu dengan cara yang rumit. Anda cukup menghadirkan kotak angka yang berisi potongan angka di setiap sisi dan bisa dilepas. Mainan ini akan mengembangkan ketrampilan berpikir dan klasifikasi.

Jenis permainan yang satu ini memiliki beragam manfaat yang bila diterapkan akan mampu mengasah otak anak dalah hal berhitung. Banyak yang merasakan manfaatnya dari permainan ini. Kami sangat merekomendasikan jenis permainan usia 2 tahun ini.

6. Maze Buah Sayur

Jenis Mainan Edukatif untuk Anak Usia 2 Tahun

Maze Buah Sayur merupakan jenis permainan anak usia 2 tahun berikutnya mampu membuat buah hati Anda memiliki tangan lentur saat belajar menulis, Maze dibuat papan 2 muka yang bisa dibolak-balik. Permukaan pertama bisa dijadikan untuk belajar klasifikasi mencocokkan buah dan sayur, permukaan kedua untuk berhitung.

Tidak perlu ragu untuk memberikan jenis mainan anak yagn seperti ini, karena setiap permainan anak memiliki sejuta manfaat bagi mereka.

7. Hammer Set 8 Pasak

Jenis Mainan Edukatif untuk Anak Usia 2 Tahun

Bila anak Anda tergolong sangat aktif bergerak, salurkan saja energinya dengan permainan hammer Set 8 Pasak. Permainan ini bantu anak untuk lebih tenang dan fokus. Jenis permainan anak ini juga melatih tangan anak agar lebih luwes.

Hammer Set 8 Pasak juga memiliki manfaat untuk belajar cermat dan tepat dalam mengalisa suatu masalah. Jadi kami juga sangat merekomendasikan jenis permainan anak yang satu ini.

Baca juga:

8. Mewarnai

Jenis mainan edukakatif yang sering dipakai untuk pertumbuhan anak adalah Mewarnai. Kegiatan mewarnai adalah hal yang menyenangkan apalagi bagi anak-anak sekaligus sebagai edukakatif untuk pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak.Selain belajar mengenal warna, anak juga bisa memadukan antara satu warna dengan warna yang lainnya.

Untuk para orang tua jenis mainan edukakatif ini sangat cocok menjadi salah satu pilihan untuk digunakan sebagai mainan anak. Mewarnai ini bisa dengan cara tradisional atau dengan alat mewarnai secara elektronik. Selain itu, Mewarnai juga dapat melatih motorik halus pada anak-anak. Untuk menunjang aktivitas anak-anak, orang tua harus mampu mengawasi anak saat bermain.

9. Edugames

Edugames merupakan salah satu jenis mainan edukatif yang sering digunakan untuk anak-anak. Untuk permainan ini dibutuhkan pengawasan orang tua, karena permainan ini hanya bisa dimainkan di komputer, gadget atau handphone.

Dalam permainan jenis mainan edukatif “edugames” banyak sekali jenis permainan yang bisa mengedukasi anak-anak, seperti menebak kata, mencari pasangan, mencari perbedaan, dan lain lain. Di dalam permainan ini juga disediakan warna dan musik yang mampu merangsang otak anak-anak. Namun perlu diwaspadai orang tua dalam bermain edugames, jangan sampai anak-anak kecanduan dengan gagdet atau alat elektronik lainnya.

10. Boneka Jari

Jenis permainan edukatif yang bisa dikatakan mainan tradisional ini bernama Boneka Jari. Masih ingatkah dengan boneka jari ? Permainan bonka jari ini, pada zaman sekarang sudah ditinggalkan. Hal tersebut sangat disayangkan, walaupun boneka jari merupakan mainan yang tradisional tetapi mainan ini bisa menjadi pembelajaran bagi anak-anak.

Sebenarnya jenis permainan edukatif tersebut meruakan permainan yang cukup mengedukasi anak-anak. Anak-anak dapat bercakap-cakap ( melatih komunikasi ) dan merangsang imajinasi anak. Bermain boneka jari juga dapat memberikan anak-anak tentang kesan dan pesan positif, sehingga dapat merangsang otak anak-anak dengan baik.

11. Menebali Angka, Huruf atau Gambar
Menebali angka, Huruf dan gambar merupakan jenis mainan edukatif selanjutnya yang bisa digunakan orang tua untuk menjadi koleksi mainan anak-anak. Menggunakan jenis mainan edukatif ini diharapkan akan melatih kemampuan motorik halus dan motorik kasar pada anak.

Menebali angka, Huruf dan gambar juga sangat penting untuk membantu merangsang kemampuan kognitif anak –anak, serta bisa mengetahui dan mengasah kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak. Untuk itu jika anda ingin mencari jenis mainan edukatif untuk anak, jenis mainan edukatif ini sangat cocok digunakan karena banyak membawa pengaruh positif.

12. Meronce

Saat ini, banyak playgroup atau kelompok bermain anak yang memasukkan edukatif meronce. Meroce merupakan salah satu jenis mainan edukatif selanjutnya yang akan dibahas. Permainan Meronce merupakan permainan yang sedang terkenal pada zaman sekarang ini, permainan Meronce termasuk dalam daftar stimulasi untuk mengasah otak anak,

Jenis mainan edukatif meronce akan membantu anak-anak dalam melatih kesabaran, keseimbangan antara mata dan tangan, mengenal dan bisa mengkombinasi bentuk serta membangun kreatifitas yang dimiliki oleh anak-anak dalam membuat sesuatu. Untuk jenis mainan edukatif tersebut,, diperlukan pengawasan orang tua, karena umumnya elemen dari meronce adalah manik-manik yang berukuran sangat kecil.

13. Lego

Jenis mainan edukatif selanjutnya yang dianjurkan untuk orang tua yang bisa digunakan untuk anak-anak adalah Lego. Jenis mainan edukatif Lego adalah jenis mainan yang kini sedang hits dikalangan anak-anak maupun orang dewasa. Dalam permainan lego, anak-anak diajarkan bagaimana untuk berkreasi dan dituntut untuk membangun suatu bangunan atau bentuk.

Jenis mainan edukatif “Lego” bisa membuat otak anak-anak terstimulasi dengan baik, dan anak mampu untuk menyelesaikan masalah dengan baik dan benar. Untuk itu jika orang tua memilih mainan edukatif ini, maka akan sangat berguna bagi tumbuh kembang anak-anak.

Demikianlah beberapa jenis mainan anak usia 2 tahun tersebut dapat dengan mudah Anda peroleh di toko-toko terdekat. Jangan lupa untuk mendampingi anak saat bermain agar ia merasa makin didukung dan disayangi oleh kedua orang tuanya.

13 Jenis Mainan Edukatif Anak Usia 2 Tahun | Anita Andinina | 4.5
Leave a Reply