Inilah 5 Keluhan Hamil Trimester 3 pada Ibu Hamil

Monday, February 5th, 2018 - Kehamilan

Keluhan hamil trimester 3 – Setelah masa kemailan trimester 1 dan trimester 2 lewat, maka Anda akan memasuki masa kehamilan trimester 3. Pada masa ini Anda akan lebih khawatir dikarenakan masalah biasanya sering terjadi misalnya kaki bengkak, keputihan, dan sebagainya. Pada kali ini cahayaibu.com ingin mengulas beberapa keluhan hamil trimester 3 yang sering terjadi pada ibu hamil. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

KELUHAN HAMIL TRIMESTER 3 YANG SERING TERJADI

1. Kaki Bengkak

Keluhan hamil trimester 3 yang sering dalami oleh ibu hamil adalah kaki bengkak. Kaki bengkak umumnya memang sering dirasakan oleh ibu hamil sebagai keluhan hamil trimester 3 yang sangat mengganggu dalam beraktivitas. Hal tersebut terjadi karena pada ibu hamil mengalami kelebihan cairan pada tubuh sehingga mengakibatkan kadar hormone estrogen dalam tubuh meningkat.

Keluhan hamil trimester 3 ini memang tidak mengganggu penampilan dan juga menyulitkan untuk bergerak. Namun, hal tersebut tentu mengganggu jika dibiarkan begitu saja. Maka dari itu, untuk mengatasi keluhan hamil trimester 3 ini yaitu dengan melakukan olahraga dengan rutin, ganjal kaki dengan bantal dan mengurangi mengkonsumsi garam.

2. Mengalami Keputihan

Keputihan merupakan keluhan hamil trimester 3 yang sering dialami oleh ibu hamil. Pada keluhan hamil trimester 3 ini, terjadi saat ibu hamil saat berpikiran tentang hari lahir sang bayi. Hal tersebut mengakibatkan perubahan hormone dalam tubuh ibu hamil.

Namun, Seiring dengan perubahan hormone yang dialami oleh ibu hamil, Jika keputihan yang dialami tidak keseringan, maka hal tersebut tidak mengganggu pertumbuhan janin yang ada dalam rahim ibu hamil. Keputihan tersebut sudah menjadi keluhan hamil trimester 3 pada ibu hamil. Untuk mengatasi keputihan tersebut, ibu hamil harus menjaga vagina senantiasa bersih, menghindari pemakaian baju yang ketat dan sering mengganti baju agar tidak lembab/basah.

3. Susah Tidur Nyenyak

Keluhan hamil trimester 3 selanjutnya yang dialami oleh ibu hamil dan sangat mengganggu dalam aktivitasnya sehari-hari yaitu susah tidur nyenyak. Tidur yang cukup merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan ibu hamil supaya bisa menjaga kondisi badan agar tetap sehat. Tentunya pada keluhan hamil trimester 3 sangat berbahaya jika tidak segera tidak dicarikan solusinya.

Untuk itu, cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi keluahan hamil trimester 3 ini yaitu menggunakan bantal khusus dan tidurlah dengan posisimenyamping disertai dengan kaki ditek.uk dibagian lutut. Jika hal tersebut belum bisa mengatasi keluhan susah tidur nyenyak, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi cemilan yang memiliki karbohidrat tinggi, sehingga membantu memperlancar pelepasan hormone serotonin yang berfungsi membantu tubuh lebih nyaman, sehingga ibu hamil lebih cepat tertidur.

4. Sakit punggung

Sakit punggung merupakan keluhan hamil trimester 3 selanjutnya yang sering dialami oleh ibu hamil. Sakit punggung yang terjadi pada ibu hamil trimester 3 terjadi karena semakin besarnya perut ibu hamil karena pertumbuhan janin dalam rahim bisa membuat postur tubuh calon ibu berubah. Hal tersebut mengakibatkan tulang punggung semakin merenggang yang mengakibatkan kesakitan pada punngung sang ibu hamil.

Keluhan trimester 3 “Sakit Punggung” bisa juga memberikan efek negatif pada bagian tubuh yang lain jika tidak cepat diatasi. Maka dari itu, Ibu hamil harus sering mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur. Jika sakit punggung yang dialami oleh ibu hamil tidak juga menghilang, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

5. Sering buang air kecil

Keluhan hamil trimester 3 yang juga dialami oleh ibu hamil adalah sering buang air kecil. Pada keluhan hamil trimester 3 ini sebenarnya juga bisa dialami oleh ibu hamil pada trimester akhir. Akan tetapi, keseringan buang air kecil juga dialami pada trimester 3 karena janin yang ada dalam kandungan ibu hamil semakin besar dan berada dibawah.

Hal tersebut menyebabkan kandung kemih terasa ada tekanan yang lebih dan hal inilah yang akan membuat ibu hamil menjadi lebih sering buang air kecil. Tekanan ekstra keluhan ini pun bisa membuat ibu hamil ngompol tanpa sengaja, misalnya ketika tertawa, batuk atau pun bersin. Perlu ditekankan pada ibu hamil, jika yang keluar bukan air kencing atau semacam darah atau selaput lender, maka ibu hamil tersebut harus segera berkonsultasi pada doter terdekat.

Demikianlah ulsan tentang keluhan hamil trimester 3 (tiga) yang dapat kami infromasikan kepada bunda sekalian. Semoga pada masa-masa ini Anda kuat menjalaninya, karena telah menghadapi masa persalinan.

Inilah 5 Keluhan Hamil Trimester 3 pada Ibu Hamil | Anita Andinina | 4.5