5 Keluhan Hamil Trimester 2 (Kedua) Sering Terjadi

Monday, February 5th, 2018 - Kehamilan

Keluhan Hamil Trimester 2 (Kedua) – Ketika memasuki trimester 2, pasti Anda akan mulai merasa lebih nyaman dalam menjalani kehamilan ketimbang saat masa-masa trimester 1. Masalah morning sickness sudah menjadi masa lalu Anda, dikarenakan pada periode kehamilan trimester 2 ini tidak akan menjumpai hal tersebut.

Pada masa trimester 2 tentu Anda akan lebih rilex dalam menjalani kehamilan, namun yang namanya keluhan pasti ada. Untuk itu cahayaibu.com ingin mengulas tentang keluhan hamil trimester 2 (kedua) yang sering terjadi. Simak keluhan-keluhan tersebut di bawah ini.

Keluhan Kehamilan Trimester 2 (Kedua) Sering Terjadi

1. Perut Semakin Membesar

5 Keluhan Hamil Trimester 2 (Kedua) Sering TerjadiPerut semakin membesar merupakan kondisi fisik yang sangat menjadi keluhan hamil trimester 2. Pembesaran perut pada trimester 3 akan bertambah 1 cm setiap satu minggu. Keluhan ini sebenarnya memang sudah wajar terjadi pada ibu hamil. Namun, hal tersebut tentunya akan sedikit menghambat aktifitas yang dilakukan ibu hamil dalam kesehari-hariannya.

Pada keluhan hamil trimester ini, ibu hamil dituntut lebih hati-hati dalam beraktifitas. Mengapa demikian ? karena pada kehamilan di trimester 2 janin yang didalam kandungan pada ibu hamil masih sangat lemah.

2. Sering Sendawa dan Buang Angin

Ibu hamil pada trimester 2 lebih sering mengalami sendawa dan buang angin. Hal tersebut sudah sering menjadi keluhan hamil trimester kedua. Akibat dari munculnya keluhan hamil trimester 2 ini adalah usus lebih meregang dan akan merasakan kembung pada perut.

Keluhan hamil trimester 2 tersebut sebenarnya merupakan keluhan yang wajar dialami oleh ibu hamil trimester 2. Untuk menghindari keluhan tersebut, ibu hamil bisa menghindari makanan yang mengandung kandungan gula berlebih, makanan yang mengandung gas, bawang merah dan minuman soda.

3. Nyeri Pada Ulu Hati

Nyeri pada ulu hatii merupakan keluhan hamil trimester 2 yang akan dibahas. Pada keluhan hamil trimester 2, ibu hamil akan merasakan nyeri pada ulu hati. Hal tersebut dikarenakan adanya kenaikan asam lambung yang terjadi selama kehamilan. Pasalnya juga disebabkan karena hormon progesterone yang meningkat dan mengalami relaksasi dari otot saluran pencernaan.

Keluhan trimester 2 ini merupakan Kondisi yang tidak selamanya merugikan ibu hamil dikarenakan adanya relaksasi pada otot saluran pencernaan dan gerakan makanan yang lebih lambat sehingga menyebakan nutrisi menjadi sulit terserap lebih banyak. Cara yangbisa dilakukan ibu hamil untuk meminimalisir keluhan ini adalah menjauhi makanan yang pedas, makanan berminyak dan mengandung lemak yang lebih.

4. Nyeri Perut

Keluhan hamil trimester 2 selanjutnya yang pasti dialami oleh ibu hamil adalah nyeri perut. Keluhan nyeri perut yang dialami oleh ibu hamil di trimester 2 mengalami nyeri pada bagian perut bagian bawah yaitu serasa ditusuk dan tertarik di kedua sisi, bahkan hingga kejang ataupun kram pada perut.

Keluhan trimester 2 “Nyeri Perut” disebabkan karena adanya Kondisi n peregangan ligamentum dan juga otot yang menahan rahim semakin membesar sehingga mengalami nyeri yang tidak menetap. Maka dari itu untuk mengatasi keluhan inyeri perut, ibu hamil harus berbaring atau duduk beristirahat dengan posisi yang nyaman.

5. Pusing

Pada awal kehamilan di trimester 1 ibu hamil seringkali mengeluhkan rasa pusing, dan pada trimester 2 rasa pusing masih terasa. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu keluhan hamil trimester 2. Keluhan hamil trimester 2 terjadi karena adanya pembesaran dan rahim yang menekan pada pembuluh darah besar yang mengakibatkan tekanan pada darah menjadi menurun.

Tidak hanya itu, keluhan tersebut terjadi ibu hamil kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia ( kurang darah) ditandai dengan pusing saat mengubah posisi. Untuk itu cara yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mengatasinya adalah menghindari perubahan tekanan darah yang mendadak seperti melakukan perubahan posisis yang bertahap dan perlahan untuk mengurangi rasa pusing yang terjadi selama kehamilan trimester kedua.

Demikianlah ulasan tentang keluhan hamil trimester 2 (kedua) yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Semoga masa-masa kehamilan Anda berjalan lancar hingga waktunya tiba nanti.

5 Keluhan Hamil Trimester 2 (Kedua) Sering Terjadi | Anita Andinina | 4.5