Jenis Penyakit Sebelum Hamil Yang Sering Terjadi

Tuesday, March 20th, 2018 - Kehamilan

Penyakit Sebelum Hamil – Mengandung tentu merupkan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh sepasang suami istri. Untuk bisa mengandung biyasanya para ibu menggunakan berbagai cara, sepeti menjaga pola makan, olahraga teratur dan menjaga kondisi badan. Akan tetapi, terkadang ibu melupakan bahwa akan ada penyakit yang menyerang sebelum mengandung. Nah, untuk mengatahui penyakit apa saja yang bisa diderita oleh para ibu sebelum hamil simaklah penjelasan singkat dibawah ini. Macam-macam penyakit sebelum hamil Sebagai berikut:

1. Asma

Jenis Penyakit Sebelum Hamil Yang Sering TerjadiPenyakit sebelum hamil yang pertama yang akan dibahas adalah Asma. Asma merupakan penyakit dari paru-paru kronis, gejala yang biasa dialami oleh ibu hamil yaitu batuk, sesak, mengi dan yang paling penting adalah kesulitan bernafas. Jika ibu ingin segera mengandung dan memiliki penyakit sebelum hamil ini, maka harus segera berkonsultasi kepada dokter terdekat agar cepat teratasi.

Mengapa demikian ? karena penyakit sebelum hamil ini dapat meningkatkan risiko preeklamsia, penambahan berat badan yang buruk pada janin dan mengakibatkan kelahiran premature. Untuk itu para ibu harus berhati-hati dengan penyakit sebelum hamil ini, jika perlu cari vaksin yang cocok untuk digunakan sebagai pencegahan.

2. Depresi

Depresi yang sering dialami oleh para ibu juga merupakan penyakit sebelum hamil yang bisa mengganggu kehmilan dan harus cepat diatasi atau dihindari. Seperti yang diketahui bahwa depresi merupkan kondisi emosional seseorang yang memperhatikan kesedihan, kekurangan energy dan rendah diri.Mengalami depresi sebelum hamil juga merupakan resiko untuk terjadinya depresi postpartum.

Penyakit sebelum hamil ini sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Untuk itu, para ibu harus mampu mengkontrol emosi dan untuk para ibu yang terlanjut menderita penyakit sebelum hamil ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terdekat agar segera ditangani dan diberikan obat-obat atau terapi.

3. Diabetes

Penyakit sebelum hamil selanjutnya yang harus diwaspadai adalah diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena tingginya tingkat glukosa darah dalam tubuh yang berada diatas normal. Para ibu yang memiliki penyakit diabetes mungkin maih bisa hamil, akan tetapi hal tersebut tentunya akan sulit jika pantangan makanan dari penyakit sebelum hamil ini tidak dihindari.

Sangat perlu diingat oleh para ibu, penyakit sebelum hamil ini sangat berbahaya terhadap janin yang ada dalam kandungan dan jika dibiarkan dalam jangka yang panjang bisa menyebabkan komplikasi diabetes yang semakin parah. Nah, untuk itu disarankan bagi para ibu agar bisa pintar-pintar menjaga pola makan dan jika terjadi,segerah berkonsultasi pada dokter terdekat.

4. Gangguan makan

Para ibu sebelum mengandung terkadang banyak yang mengalami gangguan makan. Gangguan makan yang dimaksud seperti anoreksia nervosa, bulmia nervosa dan gangguan-gangguan lain yang sangat serius. Gangguan makan ini merupakan salah satu penyakit sebelum hamil yang harus diperhatikan oleh para ibu.

Gangguan makan ini biyasanya diakibatkan oleh penurunan nafsu makan secara ekstrim atau sebaliknya bisa makan dengan porsi yang tidak biasa dan tekanan kekhawatiran tentang perubahan bentuk tubuh sebelum kehamilan berlangsung. Nah, untuk itu ibu harus bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk demi kelancaran tujuannya dalam mengandung.

5. Epilepsi atau gangguan kejang kejang yang lainnya

Epilepsi atau yang sering dikatakan dengan gangguan kejang-kejang merupkan penyakit sebelum hamil selanjutnya yang akan dibahas. Eplipsi merupakan gangguan fisik yang melibatkan kejang berulang-ulang yang sangat berbahaya jika tetap dibiarkan.

Penyakit sebelum hamil ini sangat berbahaya jika tidak cepat diatasi,Mengapa ? karena jika para ibu sering mengalami kejang-kejang maka janin yang akan terbentuk dalam kandungan akan sangat susah terjadi. Apalagi jika sudah mengandung, penyakit sebelum hamil ini tentu sangat berbahaya, karena bisa membuat janin yang ada dalam kandungan mengalami keguguran.

Dari uraian penjelasan singkat diatas, semoga para ibu bisa mewaspadai penyakit tersebut. Jika ibu sudah mewaspadainya, maka akan sangat mudah untuk mengandung. Semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan para ibu dan membuat para ibu lebih hati-hati. Sekian dan terimakasih.

Jenis Penyakit Sebelum Hamil Yang Sering Terjadi | Anita Andinina | 4.5