2 Perawatan Kulit Ibu Hamil Yang Dianjurkan

Thursday, April 26th, 2018 - Kehamilan

Perawatan Kulit Ibu Hamil – Penampilan merupakan masalah yang banyak dikeluhkan oleh ibu-ibu hamil.  Mulai jerawatan, kulit kusam, leher menghitam, hingga munculnya streck mark di area perut, paha, dan betis. Tak jarang ibu hamil sangat risau akan hal ini. Faktor keinginan untuk selalu tampil cantik di depan suami, membuat para ibu hamil melakukan beberapa perawatan kulit.

Dalam buku “Anti Panik Menjalani Kehamilan” karya dr. Wigati Bramundito, SpKK., tertuang beberapa tips-tips anti panik selama kehamilan, termasuk cara-cara perawatan kulit ibu hamil yang dianjurkan bagi ibu hamil. Penasaran? yuk simak ulasannya berikut ini.

Perawatan Kulit Ibu hamil Yang Dianjurkan Oleh Dokter

A. Perawatan Kulit Wajah

1. Kondisi Psikologi
Menjaga kondisi psikologi merupakan langkah awal perawatan kulit yang dianjurkan bagi ibu hamil. Mengapa penting menjaga kondisi psikis ketika hamil? Karena psikologi akan menjaga ibu hamil tetap terlihat bugar, merasa senang dan nyaman selama proses kehamilan.

2. Pelembap Kulit
Perawatan kulit yang dianjurkan bagi ibu hamil berikutnya yaitu menggunakan pelembab kulit. Ibu hamil bisa menggunakan pelembab kulit yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acids), Asam Hialuronat (Hyaluronat Acids), Vitamin A, dan Vitamin E.

AHA dapat membantu mencerahkan wajah, mengurangi efek penuaan, menyamarkan bintik hitam, mengecilkan pori wajah, mengencangkan kulit, juga bisa menyamarkan bekas jerawat. Kandungan AHA tidak hanya bisa didapatkan dari perawatan dokter, Ibu hamil bisa mendapatkannya secara alami dengan mengkonsumsi buah anggur, apel, susu, gula tebu, dan buah sitrus.

Adapun Asam Hialuronat sangat berperan penting untuk menjaga dehidrasi, kelembapan, dan kekenyalan kulit. Penggunaan Asam Hialuronat harus berdasarkan petunjuk dokter yang tepat. Ibu hamil bisa memilih perawatan dokter yang aman dan baik untuk ibu hamil.

Nah, untuk Vitamin A dan E, ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E seperti bayam, kacang almond, umbi-umbian, brokoli, alpukat, dan tomat. Vitamin E bisa mengoptimalkan elastisitas kulit, meregenerasi sel, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari. selain itu, vitamin e juga mempengaruhi kulit janin. Vitamin A sendiri bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah apel,buah naga, mangga, anggur, pepaya, melon, semangka, blewah, dan jambu biji. Beberapa sayuran yang mengandung vitamin A diantaranya wortel, bayam, kacang panjang, kangkung, sawi, tomat, brokoli, dan paprika.

3. Tabir Surya
Menggunakan tabir surya adalah hal yang wajib dilakukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, apalagi ketika berada di luar rumah dengan cuaca terik. Tabir surya dengan SPF 30 ataupun lebih merupakan salah satu perawatan kulit yang dianjurkan bagi ibu hamil. Adalah hal yang baik menggunakan tabir surya di atas 30, tidak ada masalah dengan kehamilan.

4. Scrub dan Masker Wajah
Perawatan kulit yang dianjurkan bagi ibu hamil selanjutnya yaitu menggunakan scrub dan masker wajah. Kuantitasnya hanya diperkenankan dilakukan seminggu sekali. Tentu masker yang digunakan adalah masker yang berasal dari bahan alami yang aman bagi kulit, atau sesuai anjuran dokter kulit.

5. Facial
Mendengar kata facial identik dengan ketenangan dan suatu kebahagiaan tersendiri bagi wanita bila melakukannya. Nah, perawatan kulit yang dianjurkan bagi ibu hamil yaitu melakukan facial. Tapi dibatasi satu kali sebulan. Pilihlah klinik kecantikan yang aman dan terpercaya legalitasnya.

6. Chemical Peeling
Terkadang kehamilan juga bisa diserati timbulnya jerawat yang meradang. Ibu hamil tak perlu khawatir apabila ingin melakukan  chemical peeling. Perawatan kulit yang dianjurkan bagi ibu hamil yaitu chemical peeling menggunakan larutan AHA sebulan sekali.

2 Perawatan Kulit Ibu Hamil Yang Dianjurkan

Baca juga:

B. Perawatan Kulit Tubuh

  1. Memperbanyak mengkonsumsi air putih, sayur-sayuran, dan buah-buahan.
  2. Disarankan untuk mandi menggunakan air dingin atau hangat namun tidak diperkenankan bila terlalu panas. Mandi menggunakan sabun dengan pelembab merupakan salah satu perawatan kulit yang dianjurkan bagi ibu hamil.
  3. Menghindari timbulnya strech mark dapt dilakukan dengan mengoleskan pelembab pada bagian perut. bisa berupa minyak zaitun, virgin coconut oil, ataupun argan oil.

Nah, sudah tidak perlu khawatir lagi bukan ketika melakukan perawatan yang dianjurkan bagi ibu hamil? ada banyak hal yang bisa dilakukan ibu hamil untuk tampil tetap cantik meski dalam kondisi mengandung. semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan perawatan kulit.

2 Perawatan Kulit Ibu Hamil Yang Dianjurkan | Anita Andinina | 4.5