Berikut 6 Posisi Tidur Ibu Hamil Dijamin Sehat

Thursday, May 3rd, 2018 - Kehamilan

Posisi Tidur Ibu Hamil – Bukan rahasia umum lagi bila kalangan ibu hamil tentu sangat kesulitan ketika jelang tidur. Hal itu disebabkan karena keadaan perut yang tidak mendukung lagi, sehingga tak heran jika memaksa mereka untuk tidur dengan posisi miring serta diberi bantal atau juga harus nempel dengan tembok. Berbagai posisi pun kadang dicoba oleh para ibu hamil untuk menemukan posisi yang nyaman ketika tidur.

Nah, berikut ini akan kami bahas bagaimana posisi tidur ibu hamil yang dianjurkan oleh dokter kehamilan. Simak saja di bawah ini.

Posisi Tidur Ibu Hamil Dijamin Sehat

1. Hindari Telentang

Posisi Tidur Ibu Hamil Yang BenarPosisi tidur ibu hamil yang pertama adalah menghindari tubuh dengan terlentang. Setelah memasuki usia kehamilan trimester ketiga, terutama setelah bulan kelima keatas, ibu hamil dianjurkan untuk tidak tidur dalam posisi telentang. Hal tersebut karena tekanan pada pembuluh darah utama dan vena cava inferior bisa meningkat sangat tinggi jika ibu hamil tidur dalam keadaan terlentang.

Pada posisi tidur ibu hamil dengan terlentang juga bisa menyebabkan tekanan pembuluh darah bisa menghambat peredaran darah ke tubuh ibu hamil, termasuk ke janin. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi janin yang ada dalam kandungan ibu hamil.

2. Menyamping ke Kiri

Posisi Tidur Ibu Hamil - Para ibu hamil tentu sangat kesulitan saat tidur. Untuk itu para ibu hamil harus tahu bagaimana tips dan cara tidur yang baik dan nyaman pada masa kehamilan. Adapun posisi tidur ibu hamil yang dianjurkan adalah sebagai berikut.Menyamping ke kiri merupakan posisi tidur ibu hamil selanjutnya yang bisa dicoba oleh ibu hamil. Tidak usah khawatir bagi ibu hamil, kerena tidur dengaan menyamping ke kiri bertujuan memperlancar sirkulasi darah, baik yang menuju ke jantung maupun yang menuju ke rahim, ginjal, dan dan yang terpenting ke janin.

Posisi tidur ibu hamil dengan menyamping ke kiri juga membuat bagian abdomen atau perut lebih nyaman dan tidak menekan organ hati yang terletak di sisi kanan dan juga dapat mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki dan tangan. Namun, sebagian ahli menyatakan bahwa tidak perlu memusingkan mengenai posisi tidur yang baik, kerana masing-masing ibu hamil disarankan untuk memilih posisi yang terasa nyaman.

3. Gunakan Bantal
Posisi Tidur Ibu Hamil Yang BenarBantal dapat membantu menjadikan posisi tidur ibu hamil merasa lebih nyaman dan nyenyak. Bantal juga sangat membantu ibu hamil dalam keadaan apapun. Coontohnya adalah Bila ibu hamil merasa sesak napas maka letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada.

Wajar bila ibu hamil sulit untuk tidur nyenyak di malam hari karena dapat mengalami berbagai masalah, seperti kerap terbangun di malam hari akibat perut mulas, kaki kram, dan sesak nafas. Untuk itu disarankan untuk ibu hamil agar bisa menggunakan bantal untuk mengatur posisi tidur ibu hamil.

4. Tengkurap

Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Benar
Masa awal kehamilan, yakni pada trisemester pertama, tidur tengkurap bukanlah hal yang membahayakan. Hal ini dikarenakan posisi janin masih berada di belakang tulang kemaluan.Namun, memasuki triesemeter kedua, posisi tidur ibu hamil dianjurkan untuk menghindari tidur dengan posisi tengkurap. Tidur tengkurap pada masa kehamilan trisemester kedua dapat mengakibatkan janin tertindih tubuh ibu dan tentu sangat membahayakan janin di dalam perut. Selain itu, tidur dengan posisi tengkurap dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti,

  • Terganggunya sistem pencernaan.
  • Tekanan pernapasan yang sangat berat sehingga menyebabkan ibu hamil sesak nafas.
  • Adanya gangguan aliran nutrisi dan oksigen pada janin sehingga dapat menyebabkan kematian janin juga keguguran.

5. Mengangkat kaki ke Atas
Posisi Tidur Ibu Hamil Yang BenarPosisi tidur ibu hamil terkadang menyesuaikan kenyamanan dan keinginan ibu. Misalnya, ketika perut merasa mulas, maka tidur dengan mengangkat kaki ke atas dapat menjadikan perut terasa lebih nyaman. Namun hal ini harus dihindari karena dapat mengakibatkan masalah pada janin. Tidur dengan posisi kaki lebih tinggi dapat membuat ruang janin menjadi lebih sempit dan terbatas yang berpengaruh pada perkembangan janin. Hal ini juga bisa mengganggu aliran oksigen pada janin sehingga dapat menyebabkan janin kekurangan oksigen.

Baca juga:

6. Tidur Duduk
Posisi Tidur Ibu Hamil Yang BenarKelelahan yang dirasakan ibu hamil, membuat beberapa ibu hamil memilih sofa untuk tidur. Posisi tidur ibu hamil dalam kondisi duduk seperti ini bisa membahayakan karena dapat meningkatkan tekanan pembuluh darah pada jantung. Masalah lain yang ditimbulkan yaitu sakit punggung karena rasa lelah yang berlebihan ketika tidur dalam waktu yang cukup lama. Ibu hamil dengan keluhan wasir sangat dilarang tidur dalam kondisi ini karena dapat memperparah keadaan.

Nah, itulah tadi penjelasan singkt tentang posisi tidur ibu hamil yang mungkin bisa dicoba oleh ibu hamil untuk menjaga kondisi badan agar tetap nyaman selama beristirahat. Semoga penjelasan tersebut bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Berikut 6 Posisi Tidur Ibu Hamil Dijamin Sehat | Anita Andinina | 4.5
Leave a Reply